Pernah dapat pesan WhatsApp dari oknum yang mengaku instansi pemerintahan, seperti Dirjen Pajak, BPJS, atau Kepolisian? Segera cek keasliannya!
Baru-baru ini beredar penipuan baru dengan modus pesan mengatasnamakan instansi pemerintah. Pelaku melancarkan modusnya dengan berpura-pura menjadi perwakilan dari instansi resmi tertentu, berikut motif yang biasa digunakan;
Modus ini memungkinkan pelaku mendapatkan akses ke ponsel korban, termasuk fungsi remote access. Akibatnya pelaku dapat mengontrol perangkat korban dari jarak jauh dan bahkan melakukan transaksi tanpa izin di rekening korban.
Jika Anda menerima telepon atau pesan dari seseorang yang mengaku berasal dari institusi atau perusahaan ternama, maka berhati-hatilah! Modus tersebut sering digunakan penipu yang menyebut bahwa akun pribadi Anda bermasalah dan mereka bersedia untuk menyelesaikannya.
Lalu, bagaimana jika Anda berada di posisi tersebut? Jangan panik, yuk pelajari modus penipuan dan cara menghadapinya
Cara mencegah penipuan:
Lembaga resmi tidak akan pernah meminta transfer uang ke rekening pribadi. Jika kamu merasa menjadi target penipuan, segera hubungi customer service SeaBank di 1500 130.
Tetap waspada dan selalu pastikan keamanan data Anda!
PT Bank Seabank Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)